Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Situs resmi Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Profil PBA UNNES

Video Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Subtitle Indonesia)

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Prodi ini mulai melaksanakan perkuliahan sejak tahun 2006 melalui SK Dirjen Dikti No. 1084/D2.2/2006, tanggal 14-6-2006, dipimpin oleh seorang ketua program studi . Sejalan dengan visi dan misi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Arab  (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan administrasi. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan sebanyak 144 sks.

Visi dan Misi

Prodi Pendidikan Bahasa Arab mempunyai visi menjadi program studi yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Untuk mewujudkan visi tersebut, program studi Pendidikan Bahasa Arab memiliki misi-misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu bahasa Arab untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, berkarakter, dan terampil di bidangnya.
  2. Mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
  3. Melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab.
  4. Menyebarluaskan pengetahuan sosial budaya dan teknologi berbasis pendidikan bahasa Arab.
  5. Mengajarkan keterampilan berbahasa Arab dalam bidang penerjemahan, kejurubahasaan, kepariwisataan, dan bisnis

Peluang Kerja

  • Guru bahasa Arab
  • Peneliti Bahasa Arab
  • Penerjemah lisan dan tulisan bahasa Arab- Indonesia
  • Instruktur bahasa Arab
  • Pemandu wisata
  • Konsultan bahasa Arab

Akreditasi

Prodi PBA UNNES sudah beberapa kali mendapatkan akreditasi. Adapun akreditasi terakhir adalah akreditasi tahun 2017 dan menghasilkan akreditasi A dengan nomor sertifikat akreditasi : 4494/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017